Menumbuhkan Minat Belajar dengan Mengajak Murid Lebih Dekat dengan Objek yang dipelajari

Hari ini bertemu lagi dengan anak-anak SMK_IT GMC. Kami melanjutkan pelajaran komputer dan jaringan dasar. Minggu kemarin kami tidak belajar di kelasa karena merayakan hari lahir bangsa Indonesia.

Kami ingin melanjutkan pelajaran sebelumnya yaitu mengenal perangkat keras komputer. Minggu lalu kami membongkar komputer desktop dan mengenal bentuk dan fungsi-fungsi perangkat keras di dalamnya. Selanjutnya, hari ini kami mencoba membongkar laptop lama saya dan melihat perangkat-perangkat di dalamnya.

Murid-murid SMK-IT terelihat antusias. Merka saya minta maju ke depan supaya bisa melihat lebih dekat perangkat-perangkat tersebut. Mereka juga ikut membantu melepas baut satu-persatu. Awalnya tidak ada yang mau karena takut rusak. Kekhawatiran seperti itu wajar dan harus dilawan. Anak-anak harus dibangun kepercaayaan diri agar mereka lebih dekat dan mengenal objek yang harus dipelajarinya. 

Supaya minat mereka tumbuh, perlu diyakinkan bahwa mereka bisa melakukannya sambil ditunjukkan prosedur-prosedurnya. Melakukan sesuatu untuk pertama kalinya memang akan terasa berat. Tetapi, dengan pembiasaan, rasa khawatir tersebut akan hilang dan berganti dengan antusias dan rasa ingin tahu lebih banyak tentang pelajaran tersebut. Mereka selanjutnya bisa mengembangkan diri tentunya dengan bimbingan.

Hilal

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar