Tugas Guru

Penyebutan guru dalam bahasa Indonesia mengambil istilah dari bahasa sansekerta yang memiliki arti orang yang digugu, orang yang dituruti fatwa dan perkataannya. Hal itu karena seorang guru mengandung teladan dalam perkataan dan perbuatannya.

Dalam bahasa arab istilah guru dikenal dengan empat penyebutan yaitu:
1.       Mu’alim, artinya orang memiliki ilmu luas. Seorang guru diistilahkan seperti gudangnya ilmu yang siap untuk dibagikan kepada murid-muridnya.
2.       Murabbi, artinya adalah bertambah atu tumbuh. Artinya seorang guru mampu membuatanak didiknya berkembang baik intelektual maupun jiwanya.
3.       Mudarris, meninggalkan bekas. Seorang pengajar memberikan bekas pada jiwa yang diajarkannya sehingga tampak perubahan pada perilaku, sikap, dan mentalnya menjadi lebih baik.
4.       Mu’addib, artinya sopan. Seorang guru bisa membuat anak didiknya menjadi lebih berakhlak mulia dan memiliki perilaku terpuji.

Jadi guru itu orang yang punya pengetahuan luas untuk dibagikan kepada muridnya serta mampu memberikan ilmunya dengan baik dan tak kalah penting memiliki pribadi yang baik sehingga bisa menjadi teladan muridnya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tafsir Tarbawi (Pesan-pesan Al-Qur'an tentang pendidikan)
Dr. Kadar Yusuf, M. Ag.

Hilal

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar